Fusce suscipit varius mim sociis natoque penatibus et magnis dis.

Just A Simple Blog, From A Simple Man

"Gunakan Semua Bakat dan Karunia yang Anda Miliki Untuk Perbaikan Masyarakat, Perbaikan Dunia dan Kebaikan Sesama
Inilah caranya melakoni hidup dalam doa"
~ Anand Krishna 




Tahukah kamu jikalau Darwin sangat gelisah bahkan takut ketika akan menulis bukunya yang berisikan tentang pemahaman baru evolusi ?, dan tahukah kamu bahwa isteri Darwin menentang keras dan terjadi pergumulan emosi di dalam keluarga, bahkan melibatkan teman-teman lama hingga gereja. Dan tahukan kamu bahwa Darwin memerlukan waktu yang cukup lama untuk menemukan keberaniannya dan mencetuskan teorinya tentang evolusi, bahkan anak gadisnya yang baru berusia belasan mengatakan “Papa kenapa engkau takut !, bukan-lah itu hanyalah sebuah teori?!”

 

Ketakutan Darwin adalah jika teorinya diketahui banyak orang maka tatanan dunia akan morat marit, dan harus ditata ulang. Ah, betapa sombongnya kita selaku manusia. Ternyata tatanan dunia tetap seperti apa adanya, tidak ada gunjang ganjing, gejolak ada, namun semua itu hanyalah riak di dalam samudera kehidupan, kehidupan terus mengalir seperti ap ayang dikehendaki olehNya.

 

 

 

Teori Darwin justeru memberikan ruang bagi pemahaman, memberikan ruang tersendiri untuk memahami kehidupan.Tak akan pernah ada pemahaman yang dapat membuat tatanan dunia gonjang-ganjing, karena dunia ini begitu luasnya, begitu tak terbatasnya. Setiap pemahaman akan menciptakan ruang dan menarik mereka yang sefaham dengan pemahaman itu untuk saling menyelami, untuk bergumul mencari jawab atas pemahaman itu sendiri. Dunia ini akan selalu mampu menampung ragam macam pemahanan tanpa harus menimbulkan friksi atau benturan, manusianyalah yang tidak mampu. Karena manusia memiliki kesombongan, karena manusia senantiasa melupakan kehendak Dia yang mahas esa adaNya, bahwa dunia ini diciptkan untuk mengakomodasi keberagaman. Perbedaan adalah lukisan indah dalam kanvas dunia, perbedaan adalah kehendak Dia yang maha Indah adaNya.

 

Tidak akan pernah ada yang dapat mematahkan perbedaan, tidak akan pernah ada !. Karena perbedaan adalah kehendakNya, dan adakah diantara kita yang mampu mematahkan kehendakNya ?!.