Fusce suscipit varius mim sociis natoque penatibus et magnis dis.

Just A Simple Blog, From A Simple Man

"Gunakan Semua Bakat dan Karunia yang Anda Miliki Untuk Perbaikan Masyarakat, Perbaikan Dunia dan Kebaikan Sesama
Inilah caranya melakoni hidup dalam doa"
~ Anand Krishna 




Sekitar 8 – 10 tahuan lalu ketika sedang pacaran dengan seseorang berinisial M, toko buku adalah tempat favorit untuk menghabiskan waktu. Saat  itu saya sedang gemar menulis cerpen, dan kebetulan ada sebuah cerpen yang baru dimuat di tabloid Nova, Judulnya Bangku Terminal.

 

Secara spontan saya nyeletuk, “Suatu saat nanti buku ku akan berada disalah satu rak ini”

 

M, dengan antusias menimpali, kemudian kami tenggelam ke dalam diskusi buku yang bermutu dan buku yang tidak bermutu namun laku dipasaran.

 

 

 

“M, thank you! telah menjadi pendengarku untuk kurun waktu beberapa tahun”

 

Waktu berganti, terlibat dengan banyak sekali pergumulan kesibukan dalam mengisi hari. Banyak jenis pekerjaan yang mengisi hari dan ruang-ruang dihati, namun menulis akan selalu berhasil mengisi ruang-ruang jiwa. Hari ini aku berdiri diantara deretan rak buku dan memandang buku hasil karyaku terpajang disana, terpapar jerih payah dalam penulisan buku tersebut, namun kemudian terbayar ketika ada khabar dari penerbit yang menyatakan bahwa mereka tertarik untuk menerbitkan naskah buku tersebut. Dan di sinilah akhirnya, buku itu terpajang ditoko buku.

 

Buku tersebut adalah Sukses bisnis JASA MEMBUAT WEBSITE dengan Modal 300 Ribu, diterbitkan oleh Media Kita.

 

Proses Menulis Buku Tidak Sesulit Menerbitkannya

Waktu yang ku butuhkan untuk menulis naskah buku tersebut hanya sekitar 40an hari, namun kemudian proses mencari penerbitnya yang memakan waktu, hingga penerbit Media Kita tertarik untuk menerbitkannya, dan dibutuhkan sekitar 3 bulan untuk proses editing , design cover hingga buku tersebut siap cetak dan diterbitkan.

 

 

Hal Tabu Yang Tidak Boleh Dilakukan Oleh Penulis

Ketika sedang ngobrol dengan seorang editor dari penerbit yang terkenal, saya bertanya bagaimana cara agar naskah dapat lebih cepat diproses oleh penerbit, dan kemudian ada suatu percakapan yang ku rasa sangat penting diketahui oleh penulis pemula. Yaitu, jangan pernah mengirimkan satu naskah ke banyak penerbit dalam waktu yang bersamaan, karena jika ada 2 penerbit yang berniat menerbitkan naskah tersebut, dan terpaksa penulis harus memutuskan salah satu, dan salah satu penerbit yang semula sudah bersedia menerbitkankan naskah tersebut akan ditolak, dan penolakan itu akan berdampak buruk, nama penulis itu akan masuk ke dalam daftar hitam penulis yang naskahnya tidak akan diterbitkan disana.

 

Saran editor itu, baiknya membuat beberapa naskah buku, atau tetap menulis naskah ketika ada naskah yang masih belum diterima oleh penerbit. Dengan demikian penulis memiliki beberapa naskah yang bisa di kirim secara bergantian ke penerbit lainnya.

 

Dan sarannya itu tersebut saya praktekan, ada 3 naskah yang masih belum diterbikan dan saya kirim ke dua  penerbit yang berbeda yaitu 2 naskah ke Gramedia dan 1 naskah ke Andi, beberapa minggu lalu sebuah naskah mendapat jawaban dari Gramedia yang berminat menerbitkannya, sekarang sedang dalam proses editing. Masih ada 2 naskah dipenerbit Andi dan penerbit Gramedia yang masih belum mendapat jawaban, harapan saya semoga kedua penerbit itu mau menerbitkan naskah tersebut.

 

Menerbitkan Buku Lewat Jalur Indie

 

Buat penulis yang sudah bosen menghadapi penerbit konvensional, bisa menggunakan jalur altertif yaitu menggunakan jasa penerbitan Idie, dijamin buku jenis apapun, bahkan yang menurut penilaian penerbit konvensional tidak laku dijual dapat diterbikan.

 

Ada 2 jasa penerbitan indie yang bisa Anda coba, yaitu nulisbuku.com dan indie-publishing.com, selalu ada jalan untuk dapat menerbitkan buku. Keep Rocking All !

 

==

 

Pembelian : Bagi yang ingin membeli buku Sukses bisnis JASA MEMBUAT WEBSITE dengan Modal 300 Ribu silahkan melakukan pemesanan ke Harny Rahayuning di 0856 9281 46 84 – 021 936 428 57 – Email info@surahman.net – website : http://www.surahman.net – Harga Buku  Rp34.000,- + Ongkos Kirim