Fusce suscipit varius mim sociis natoque penatibus et magnis dis.

Just A Simple Blog, From A Simple Man

"Gunakan Semua Bakat dan Karunia yang Anda Miliki Untuk Perbaikan Masyarakat, Perbaikan Dunia dan Kebaikan Sesama
Inilah caranya melakoni hidup dalam doa"
~ Anand Krishna 




Masih dari film Captain Mike Across America satu hal yang selalu di ulang-ulang oleh Michael Moore dalam setiap orasinya adalah “Apa yang menyebabkan kita mendapat pimpinan yang buruk ?, karena selama ini kita semua tertidur dan membiarkan mereka mengambil alih kehidupan kita, membiarkan mereka menyetir kita. Kita tidak boleh tertidur lagi, kita harus bangun dan membuat perubahan”.

Dan perubahan itu hanya bisa terjadi jika kita semua membuatnya secara kolektif, bagi yang masih mau menunggu satrio pinigit ya monggo silahkan saja, namun menurut pendapat saya bahwa satrio piningit tidak akan muncul jikalau kita tetap berdiam diri dan menunggu tanpa melakukan perubahan apapun. Doa tidak akan terwujud tanpa adanya iktiar, setidaknya itu yang dikatakan oleh ahli agama.

Seperti segitiga atau seperti pyramid, apa yang ada dibawah akan naik kepermukaan. Kwalitas pimpinan kita yang ada di puncak segitiga, yang ada dipuncak pyramid adalah merupakan cerminan dari kwalitas yang ada dibawahnya. Jadi kita mendapatkan pimpinan yang seperti sekarang ini karena kwalitas kita buruk. Seorang budayawan pernah mengatakan bahwa kalau sebagaian besar masyarakat munafik, maka pimpinannya juga akan munafik, terlihat sopan dan satun namun rakus layaknya buto. Karena pimpinan hanyalah merupakan buah dari rakyat yang di pimpinnya.

Kwalitas kesadaran kita sudah melorot hingga titik yang paling rendah, satu-satunya cara memperbaikinya adalah dengan memperbaiki kwalitas kesadaran kita. Jika secara kolektif terjadi perbaikan kwalitas kesadaran maka kita pun akan melahirkan pimpinan yang berkualitas. Memberdaya diri adalah solusinya, setiap individu harus memberdaya dirinya sendiri, harus memperbaiki kwalitas dirinya sendiri. Setiap individu harus mengambil peranan sebagai Satrio Piningit. Maka perubahan baru dapat terjadi.

Cukup sudah kita saling menyalahkan, cukup sudah kita merasa paling benar. Saatnya kita bersatu di dalam satu kehendak yang sama yaitu memberdayakan diri untuk meningkatkan kwalitas kesadaran kita, manusia yang sadar akan tahu bagaimana berbuat, bagaimana bertindak. Seperti yang diakatakan oleh Michael Moore, kita telah lama tertidur. Saatnya kita bagun. Bangun dan mulai memberdaya diri. Selamat memberdaya diri, semangat !.

(image : google search)

= =

Di Publikasikan di :

https://www.surahman.com/

http://www.oneearthmedia.net/ind

http://www.facebook.com/su.rahman.full

http://www.kompasiana.com/surahman