Fusce suscipit varius mim sociis natoque penatibus et magnis dis.

Just A Simple Blog, From A Simple Man

"Gunakan Semua Bakat dan Karunia yang Anda Miliki Untuk Perbaikan Masyarakat, Perbaikan Dunia dan Kebaikan Sesama
Inilah caranya melakoni hidup dalam doa"
~ Anand Krishna 




“Matahari kesadaran bisa melelehkan es ketidaksadaran. Kesadaran sedikit apapun sudah cukup untuk mengawasi hawa nafsu, rasa iri dan sebagainya.” Anand Krishna (108 Mutiara Kehidupan)

 

Keterikatan terhadap siapa dan apapun pada akhirnya akan memberikan satu rasa penderitaan, persepsi yang salah terhadap apa yang terjadi diluar diri sering kali justeru menimbulkan keterikatan-keterikatan baru yang membelenggu diri kedlaam persepsi tersebut, seperti kisah sufi dibawah ini dimana seorang darvis terkecoh oleh persepsinya sendiri terhadap apa yang terjadi di luar diri.

belajar-meditasiKonon, ada seorang  putri  raja  yang  keelokannya  bagaikan rembulan; semua orang mengaguminya. Pada  suatu hari, seorang darwis yang sedang akan memasukkan makanan ke dalam mulutnya, melihat  putri  tersebut.  Makanan  itu jatuh  ke  tanah,  sebab  ia begitu terpesona sehingga tidak bisa menggenggam semestinya.

Ketika darwis itu berlalu, Sang Putri  tersenyum  kepadanya. Tindakan  putri  itu  sungguh-sungguh  menyebabkannya mabuk  kepayang.

Di dalam kondisi seperti itu ia tidak berbuat apapun selama tujuh tahun. Darwis tersebut  selama  itu  tidur  di  jalan bersama  anjing-anjing tidur sambil menghayalkan sang Putri.

Karena berkehidupan seperti gelandangan dan selalu mengikuti sang Putri, maka Darvis itu  menjadi  gangguan  bagi Sang Putri. Para pengawalnya memutuskan untuk membunuh darvis  itu. Sang Putri tidak menyetujui, dia memilih untuk berbicara dengan davis tersebut.

Sang Putri memanggilnya dan kemudian berkata, “Tak  mungkin  kita berdua  hidup  bersama.  Ketahuilan bahwa para pengawalku akan membunuhmu; oleh karena itu  lebih baik engkau menghilanglah saja, pergi dari sini dan melupan aku”

Lelaki yang merana itu menjawab, “Sejak kulihat Tuan,  hidup ini  tak  ada  artinya. Mereka akan membunuhku tanpa alasan. Namun, jawablah pertanyaanku yang satu ini,  karena  Tuanlah yang  akan  menjadi  penyebab  kematianku. Mengapa pula dulu Tuan tersenyum padaku?”

Sang Putri menjawab “Ketika  kulihat  betapa  tololnya kau waktu itu, aku tersenyum kasihan, bukan karena apa-apa.”

Dan Putri pun pergi meninggalkannya.

Sebuah kisah yang memberikan pelajaran bahwa seorang darwis pun bisa terkecoh oleh senyum sang puteri yang merupakan symbol dari dari apa yang terjadi diluar diri, siapaun akan dapat terkecoh oleh permainan dunia. Tak ada cara lain terkecuali dengan berupaya untuk terus-terus menyadar-nyadarkan diri. Untuk terus menengok ke dalam diri, bahwa sesuatu yang berharga ada di dalam diri.

Keelokan dunia adalah sesuatu yang akan selalu menggoda siap saja untuk tetap bertahan di dunia dan melupakan tujuan awalnya datang ke dunia yaitu untuk menyadari kesejatian diri, latihan sufi yang dipopulerkan oleh Rumi yaitu meditasi Whirling adalah salah satu cara untuk melepaskan diri dari keterikatan.

Meditasi sangat bermanfaat untuk menyadari diri bahwa segala keterikatan terhadap siapa dan apapun adalah merupakan sesuatu kesia-siaan belaka.

Sekarang ini untuk mempelajari meditasi whirling tak perlu jauh-jauh ke Turki, pada program Sufi Neo Exercise yang diselenggarakan setiap hari Senin oleh  Anand Ashram @ Sunter diberikan latihan meditasi whirling. Bagi yang berminat untuk memberdayakan diri guna mengapai kehidpan yang bahagia  dan lebih berarti dapat menghubungi : Sukmawati 087881085601 atau Imus 087885111979 atau Isty 081808941999

 

“Anda harus mandiri, bebas dari segala macam keterikatan dan ketergantungan. Berdirilah tegak, berjalanlah sendiri tanpa bersandar, tanpa tergantung pada siapapun” Anand Krishna (108 Mutiara Kehidupan)