Fusce suscipit varius mim sociis natoque penatibus et magnis dis.

Just A Simple Blog, From A Simple Man

220px-TradeposterTrade adalah fim produksi Jerman pada tahun 2007 yang di bintangi oleh Kevin Kline, Kathleen Gati and Paulina Gaitan.  Film ini ditayangkan 23 Januari 2007 pada Sundance Film Festival 2007 dan dibuka di rilis terbatas pada tanggal 28 September 2007.

Film ini mengisahkan tentang seluk beluk perdangan manusia terutama gadis-gadis dan wanita-wanita muda, yang diorganisir oleh para cukong. Tentu saja melibatkan polisi dan penyelenggara hukum lokal yang korup, jaringan perdangan gadis-gadis dan wanita muda ini melibatkan banyak pihak, namun pada dasarnya sebagian besar pihak yang terlibat hanya diperalat oleh cukong-cukong yang duduk di kursi empuk dan ruangan berpendingin. Para cukong inilah yang mengatur, namun esekotor di lapangan hanyalah para pejahat kelas teri yang diperalat karena kebutuhan ekonomi.

Bagi penjahat kelas teri  ini lebih mudah menculik wanita, kemudian melemparnya dari satu tangan ke tangan lainnya hingga keluar dari perbatasan dan di perjual belikan lewat system lelang. Keuntungan para esekutor dilapangan ini tidaklah seberapa jika dibandingkan dengan para cukong, seorang wanita dapat dijual lewat lelang dengan harga puluhan juta dollar dan hamper 80% keuntungan masuk kekantong para cukong ini.

Kenyamanan Sesaat

Saya sudah sekitar 3 atau 4 kali menonton film ini dan selalu mampu membuat saya untuk merenungi hal yang sama, bahwasanya upaya-upaya  dalam memanipulasi uang pajak, memanipulasi sebuah hasil persidangan dan lain sebagainya pada akhirnya hanya akan menguntungkan para cukong, para cukong ini menggunakan aparatur yang berjiwa korup, orang-orang yang membutuhkan uang dalam jumlah besar dan waktu yang cepat. Uang dan kenyamanan yang ditawarkan cukong-cukong ini tidaklah seberapa jika dibandingkan dengan keuntungan yang akan diperoleh oleh para cukong ini dengan memanipulasi sebuah keputusan hukum.

Sementara bagi para aktivis tuduhan-tudahan yang direkayasa dalam bentuk pelecehan seksual, cinta segitiga seperti Antasari adalah merupakan cara yang sering ditempuh oleh para cukong agar dapat mempertahankan kondisi status quo selama mungkin, dalam proses pemanipulasian ini banyak pihak yang tiba-tiba akan merasa kaya mendadak, namun pada akhirnya hanya cukonglah yang akan di untungkan dari kondisi ini. Karena mereka yang terlibat di dalam sebuah rekayasa kasus hanya dijadikan alat saja untuk mencapai suatu tujuan, dan selama masih dibutuhkan tentunya akan ada uang yang mengalir, akan selalu ada kenyamanan untuk di nikmati. Namun jika sudah tidak dibutuhkan akan dibuang seperti bangkai yang tidak berguna.

Memilih Jalan Yang Memulyakan

Seorang ayah teman merasa selalu gelisah ketika melakukan sesuatu yang diluar hati nuraninya, kemudian untuk menyenangkan dirinya dia hanya melakukan pekerjaan yang tidak bertentangan dengan hati nuraninya, dan hasilnya 2 kali ditunda naik jabatan. Namun ayah teman itu tetap bahagia, menjalani profesinya hingga waktu pensiun. Dan kemudian sisa waktunya di pergunakan untuk memperdalam kehidupan spiritual, hingga kemudian ketika meninggal yang diingatnya adalah wajah sang guru dan betapa ia rindu ingin bertemu dengan gurunya, terbayang suka cita dan kedamaian bersama sang guru.

Selama nafas masih dapat di tarik dan hembuskan, maka selama itu pulalah pilihan untuk berbuat benar sesuai dengan hati nurani masih terbuka dengan lebar. Namun seringkali baru kita menyadari kesalahan begitu tubuh sudah renta dan sering sakit-sakitan, namun pada saat seperti itu apa yang bisa kita perbuat untuk memperbaiki diri ?. Seperti pada akhir film Trade ini ketika para kaki tangan, para penjahat kelas teri yang diperalat untuk menculik di bekuk polisi dan sebagian ditembus oleh timah panas, pada saat nafas terakhir terhembus terbayang semua kejahatan yang sudah dilakukan, namun mau berbuat apa lagi ? malaikat maut sudah didepan mata dan siap menyalami  untuk kemudian menarik nyama dari ajsad dan meninggalkan semua kenyaman yang ada di dunia untuk selama-lamanya.

Refrensi : Trade is a 2007 German film produced by Roland Emmerich and Rosilyn Heller, directed by Marco Kreuzpaintner and starring Kevin Kline.

= = = =

 

Di Publikasikan di :

 

http://www.surahman.com/

 

http://www.oneearthmedia.net/ind

 

http://www.facebook.com/su.rahman.full

 

http://www.kompasiana.com/surahman

Baca Juga