Fusce suscipit varius mim sociis natoque penatibus et magnis dis.

Just A Simple Blog, From A Simple Man

Sering kali kita mengandalkan siapa dan apapun yang ada diluar diri, sering kali kita lebih menyakini siapa dan apapun yang ada diluar diri.

Ketika mendapatkan musibah atau kesusahan, kita sering mengharapkan bantuan dari orang lain. Ketika sedang ingin menggapai suatu cita, kita juga lebih sering mengandalkan bantuan orang lain dalam proses mengapai cita-cita tersebut.

Sama seperti cerita di dalam dongeng ini, dimana petani pembawa gerobak mengharapkan bantuan super hero Hercules untuk mengeluarkan gerobaknya yang terjerembab ke dalam lubang. Tidak ada yang bisa membantu petani pembawa gerobak itu terkecuali dirinya sendiri, bahkan Herculespun tidak mampu.

Petani pembawa gerobak itu harus mengeluarkan segenap tenaga dan pikirannya untuk mengeluarkan gerobaknya dari dalam lubang, dengan upaya yang sungguh-sungguh maka alam akan membantu.

Kita sering kali mendapat cerita dari banyak orang yang ketika sedang melakukan sesuatu usaha, tiba-tiba mendapatkan kemudahan disana-sini. Tentu saja kemudahan-kemudahan itu hanya akan didapat oleh mereka yang berusaha sekuat tenanga, bagi mereka yang sungguh-sungguh alam akan membantunya.

Berikut ini adalah dongen lengkapnya, semoga bisa menjadi inspirasi buat kita untuk tidak lagi mengharapkan bantuan dari orang. Kita harus berusaha membantu diri kita sendiri.

 

Pembawa Gerobak Dan Hercules

Aesop

Seorang petani sedang mengemudikan gerobaknya di pinggir jalan yang berlumpur setelah hujan keras. Saat itu kuda-kudanya mengalami kesulitan untuk menyeret gerobak yang penuh muatan melalui lumpur yang dalam, dan akhirnya gerobak itu berhenti secara tiba-tiba ketika salah satu rodanya terperosok kedalam lumpur.

Petani itu kemudian turun dari tempat duduknya dan berdiri disamping gerobak itu sambil memandang gerobaknya, tetapi tidak ada upaya dan usaha yang dilakukan oleh petani yang membawa gerobak tersebut untuk mengeluarkan roda itu dari dalam lumpur.

Dia hanya mengutuk dirinya sendiri akan nasib malang yang menimpanya, lalu dia berteriak-teriak memanggil Hercules dengan suara keras untuk datang membantu dan menolongnya, saat itulah Hercules muncul, dan berkata: “Letakkan pundakmu di roda itu dan perintahkan kudamu untuk menariknya. Apakah kamu pikir kamu akan dapat memindahkan gerobak itu hanya dengan memandangnya dan mencercanya? Saya tidak akan menolongmu kecuali kamu melakukan usaha untuk menolong dirimu sendiri.”

Dan ketika petani itu menaruh pundaknya pada roda itu dan memerintahkan kudanya untuk menariknya, gerobak itu bergerak dengan sangat cepat dan akhirnya bisa keluar dari lumpur, dan dengan segera petani itu kembali mengendarai gerobaknya dengan hati yang senang karena mendapatkan satu pelajaran.

Baca Juga